Mudahnya Penggunaan WC Portable

Sedotwcmbo.Com –  Pernahkah Anda merasa kesulitan menemukan WC saat berada di suatu tempat? Seperti di tempat pesta privat yang jauh dari keramaian kota, arena pameran atau event bazaar besar. Pasti akan sangat merepotkan dan juga kesal, bukan? Panitia penyelenggara acara pasti menjadi sasaran kejengkelan kita yang sedang bersusah payah menahan isi perut yang segera minta dikosongkan.

Memang tidak semua tempat umum telah menyediakan WC yang bisa dipakai bersama atau bisa juga kapasitas WC yang tersedia, tidak mencukupi kebutuhan pengguna yang ada. Belum lagi WC umum yang kurang terawat, bahkan ada yang dibiarkan tersumbat sehingga membutuhkan jasa sedot wc untuk  membersihkannya. Situasi ini membuat pengguna enggan untuk menggunakan fasilitas yang tersedia. Di lain kesempatan, acara pesta yang diselenggarakan tertutup dan jauh dari keramaian, acara yang diselenggarakan di alam terbuka, juga tidak memiliki fasilitas buang hajat yang dapat membantu kebutuhan utama ini.

Jika terjadi hal seperti itu, cara menyiasatinya adalah dengan menggunakan WC portable. WC portable sendiri memang difungsikan untuk memudahkan para penggunanya untuk buang air, jika tidak menemui fasilitas WC umum. Karena penempatannya yang bisa di mana saja dan menyesuaikan kebutuhan.

Secara fungsi, tidak ada yang membedakan WC portabel dengan WC biasa. Hanya kepraktisan dan mudahnya memindahkan saja yang membedakannya. Tentu saja, sebaiknya di tempatkan di tempat yang sewajarnya, bukan di sembarang tempat.

Kelengkapan pada WC portable sendiri standarnya sama saja. Ada WC duduk atau jongkok, ada bak penampungan air, ada gantungan baju, lampu, serta pengunci pintu. Juga tersedia tandon air dan septi tank untuk penampungan kotoran. Tandon air sendiri bisa diisi

ulang melalui pipa yang memang disediakan di WC portable, sehingga pengontrolan air bersih tetap terjaga dan selalu tersedia.

Di bagian belakang toilet portable juga terdapat lubang-lubang yang memang memiliki fungsi-fungsinya sendiri, diantaranya:

  1. Lubang ventilasi

Lubang ventilasi digunakan pada septic tank yang terdapat di WC portable, sehingga udara dari luar dapat masuk menuju penampungan kotoran ini.

  1. Lubang drain

Seperti yang sudah dikatakan tadi, WCportable juga memiliki septic tank, dimana suatu saat pasti akan mengalami kepenuhan muatan, di sinilah fungsi dari lubang drain ini. Yaitu menguras habis isi dari septic tank.

  1. Lubang lantai

Lubang ini berguna untuk mengalirkan air bekas siraman ataupun membersihkan tangan. Air yang jatuh ke lantai akan dialirkan melalui lubang ini.

Bagaimana, tidak ada yang membedakan WC portable ini dari toilet biasa, kan? Selain kemudahan dan peletakannya yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya toilet portable juga memiliki bahan yang ringan dari fiberglass dan HDPE, sehingga ringan dan memudahkan untuk membawanya. Desainnya juga lebih modern dan sederhana.

WC portable ini sangat cocok digunakan di tempat wisata alam, event-event yang biasa diselenggarakan di lapangan, proyek-proyek bangunan yang memang tidak mengkhususkan untuk membangun WC biasa, pantai yang minim fasilitas atau tidak ada WC umumnya, dan juga tempat rekreasi lain.

Bagi wilayah yang masih belum sadar lingkungan, sehingga menyediakan WC yang pembuangan kotoran organiknya langsung ke sungai, pemerintah bisa menyediakan WC portable ini untuk digunakan secara bersama-sama. Sehingga kebersihan dan kesehatan masyarakat yang hidup di area sungai tersebut juga lebih terjaga.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *