Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Perawatan WC

Sedotwcmbo.Com –  Secara harfiah, toilet, kloset, ataupun WC (water closet) merupakan perlengkapan rumah yang fungsi utamanya sebagai wadah pembuangan kotoran yang berupa air seni dan feses. Sedangkan, secara halus istilah WC ini menggunakana istilah ‘kamar kecil’.

Pernah kan, kita mendengarkan istilah ‘Mencegah lebih baik daripada mengobati’? ketika kita sakit, kita perlu mengobati dan untuk menjaga kesehatan, sangatlah mahal harganya.

WC atau kamar kecil ini bisa dikatakan sebagai sarana dan prasarana rumah yang terbilang sangat penting. Tak hanya rumah, pada ruang public seperti rerstoran, kantor, sekolah pun juga membutuhkan WC. Ya, walaupun memang keberadannya selalu di etmpat yang terpencil dan terbelakang. Hal inilah yang membuat WC menjadi sesuatu yang terabaikan atau terlupakan.

Bahkan, saking pentingnya WC sebagai sarana dan prasarana sampai muncul istilah “Jika ingin melihat kebersihan suatu tempat, maka lihatlah kamar kecilnya terlebih dahulu”.

Jadi, dapat dikatakan bahwa kebersihan WC merupakan tonggak utama kebersihan pada suatu tempat. Bahkan sampai ada yang bilang walaupun entah dari sumber mana, bahwa WC adalah tempat sumbernya imajinasi dan untuk memunculkan ide-ide kreatif. Maka dari itu, perlulah kebersihan WC dan dijaga agar nyaman dan bersih.

WC yang bersih ini juga berlaku bagi ruang-ruang publik, bahkan bisa dibilang sangat penting, terutama WC umum yang berada di tempat pariwisata contohnya.

Pada dasarnya, bahwa pemerintah kebersihan dapat diharapkan memberikan aturan atau kebijakan mengenai kebersihan WC umum sebagai fasilitas umum untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bagi para penggunanya.

Bahkan masih banyak orang-orang yang WC dalam kamar mandi mereka masih terlihat kotor dan lembab. Hal ini akan merusak kesehatan, apalagi gabung dengan kamar mandi yang merupakan tempat membersihkannya badan. Apa iya? Kita membersihkan badan di tempat yang kotor, bau, dan gelap?

Tak hanya itu, masih banyak WC umum sebagai fasilitas umum yang masih terlihat kotor dan tidak terurus. Sebenarnya bukan hanya menyalahkan kebijakan pemerintahan atau petugas kebersihan, melainkan dari kesadaran diri sendiri terhadap perawatan fasilitas umum. Ini kan dibuat bersama. Jadi, haru menjaga kebersihan bersama-sama.

Perlu kalian ketahui, kalau WC yang kotor ini mengandung bakteri e-coli yang menyebabkan seseorang terkena penyakit e-coli. Penyakit tersebut dapat masuk ke dalam tubuh melalui pembuluh darah dan dapat menyebabkan infeksinya dalam tubuh. Mengerikan bukan?

Tak hanya bakteri e-coli, bahwa WC yang kotor ini dapat menyebabkan penularan jamur. Apalagi untuk WC duduk yang rentan kulit tubuh kita tersentuh oleh bibir WC. Jadi, WC duduk sebenarnya lebih rentan penyebaran jamur dibandingkan dengan WC jongkok.

Ada dua jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur pada tubuh kita. Yaitu tinea kruris dan kandidias.

  • Tinea Kruris

Penyakit jamur ini akan ditandai dengan bintil-bintil yang berwarna agak kemerahan pada tubuh kita. Bahkan warna kehitaman pun juga akan timbul pada kulit kita. Inilah penyakit jamur yang menyerang kulit kita.

  • Kandidias

Penyakit ini akan diberikan tanda berupa bercak berwarna merah terang dan bintik-bintik kecil yang tersebar pada tubuh kita.

Ih, jangan sampai kulit kita terkena penyakit tersebut deh. Jadi, kita harus rajin-rajin merawat WC pribadi maupun WC umum mulai dari sekarang, dan juga selain itu lakukan sedot wc secara berkala agar wc tidak mampet dengan menghubungi jasa sedot wc daerah anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *