Biomikroba, Solusi WC Mampet Tanpa Sedot

Sedotwcmbo.Com – WC mampet adalah hal yang umum terjadi, baik di rumah tinggal maupun kantor dan bangunan umum lainnya. Penyebabnya bisa bermacam-macam, karena sumbatan akibat benda asing seperti tissue, pembalut, kertas atau sabun. Bisa juga diakibatkan karena septik tank yang menampung kotoran sudah penuh. Hal yang biasanya kita lakukan adalah dengan memanggil jasa sedot WC untuk mengatasi masalah ini. Tapi, bisakah kita memperbaikinya sendiri?

Untuk kasus WC mampet akibat tersumbatnya benda asing, kita dapat mengatasinya dengan menggunakan plugger, atau alat penyedot untuk menarik keluar benda asing tersebut. Namun, bila penyebab mampet adalah akibat septik tank yang penuh, kita bisa gunakan obat pelarut septik tank yang berasal dari biomikroba atau mikroba prebiotik yang menguntungkan. Sebagai tempat penampung kotoran, septik tank memang mudah penuh bila tidak menggunakan bakteri pengurai.

Jenis obat ini biasa digunakan untuk pengolahan limbah organik skala industri rumahan hingga industri besar. Kandungan biomikroba ampuh mengatasi penumpukan kotoran pada septik tank dan menghilangkan bau busuk yang meluap melalui WC yang mampet. Jadi fungsi utama biomikroba adalah mengurai limbah di dalam septik tank dan membunuh bakteri patogen yang hidup di dalammya. Biomikroba mampu mengurai hingga 50-80% isi septik tank dalam kurun waktu 7 hari. Bakteri akan mengurai kotoran padat menjadi air yang akan diserap tanah dan sebagian lagi menjadi gas yang dapat keluar melalui lubang atau cerobong septik tank tanpa menimbulkan bau tak sedap. Sehingga WC akan kembali lancar, bau busuk hilang dan dapat digunakan dengan nyaman kembali.

Penggunaan biomikroba ini sebenarnya sangat mudah, tapi berbeda tergantung jenis septik tank yang digunakan. Pada septik tank yang memiliki lubang udara, larutan biomikroba dituang ke dalam WC yang mampet. Kemudian siram WC hingga biomikroba masuk ke dalam septik tank. Jangan gunakan WC selama 6 jam, dan sebaiknya proses ini dilakukan pada malam hari. Untuk septik tank yang tidak memiliki lubang udara, maka larutan biomikroba harus dicampur dengan air dalam ember terlebih dahulu. Perbandingan antara larutan biomikroba dengan air adalah 1:2. Campuran ini biarkan selama 5-6 jam dengan kondisi terbuka agar bakteri dapat hidup dan berkembang biak. Setelah itu, barulah campuran ini dimasukkan ke dalam WC yang mampet, siram hingga campuran biomikroba masuk ke dalam septik tank. Tunggu beberapa saat sebelum menggunakan WC kembali. Perhatikan cara penggunaan biomikroba ini untuk hasil yang maksimal.

Selain mudah digunakan, biomikroba juga murah dibanding dengan biaya jasa sedot WC. Hal penting yang harus diingat sebelum menggunakan biomikroba, sebaiknya WC mampet tidak diberi bahan kimia lainnya seperti soda api. Soda api memang bisa mengatasi WC mampet, tapi juga memberikan efek samping dan gumpalan-gumpalan yang mengeras (mengkristal) yang akhirnya akan menjadi masalah baru bagi Anda. Untuk pertolongan pertama pada WC mampet, lebih baik bila Anda menggunakan garam atau diterjen

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *