6 Tips Menjaga Kebersihan WC

Sedotwcmbo.Com – Water  Closet  atau WC adalah tempat orang buang air besar atau kecil.  WC sendiri banyak macamnya, ada wc jongkok yaitu WC yang digunakan dengan cara posisi tubuh berjongkok ini biasanya dikenal di negara-negara Asia. Ada juga WC duduk, yaitu digunakan dengan mendudukinya di saat hendak buang air besar. WC duduk ini banyak digunakan di negara Barat. Tapi itu dulu, sekarang sudah banyak orang yang sudah mengerti fungsi WC dan memilih WC jongkok atau duduk  sesuai kebutuhannya. Umumnya, orang-orang lanjut usia lebih  nyaman menggunakan WC duduk.

Awalnya closet atau WC  ditemukan oleh Alexander Cummings pada tahun 1975 yang waktu itu namanya Valve Closet, dibuat dengan menggunakan sistem  pembuangan saluran  leher angsa, yang bisa menghalangi keluarnya bau kotoran. Kemudian valve closet ini disempurnakan lagi oleh Bostell pada tahun 1989 yang disebut Wash Down yang banyak digunakan sekarang ini.

Bagaimanapun modernnya closet atau WC, tetaplah   fungsinya sebagai tempat membuang kotoran, maka WC adalah tempat bersarang kuman atau penyakit. Oleh karena itu kebersihan WC harus selalu dijaga. Rumah yang sehat adalah rumah yang tidak hanya mementingkan kebersihannya di tempat-tempat yang terbuka dan terlihat saja. Justru yang harus mendapat perhatian khusus adalah kebersihan di kamar mandi atau toilet.

Di zaman modern seperti ini, dan sudah banyak bahkan hampir semua orang sudah mengenal apa itu WC, maka aneh rasanya kalau ada orang yang masih membuang kotorannya di parit atau di selokan atau mungkin di sawah-sawah. Selain bisa mencemarkan udara karena bau yang tidak sedap. Hal itu pun bisa menimbulkan penyakit, seperti penyakit diare dan types.

Berikut beberapa tips agar WC di rumah selalu bersih dan sehat :

  1. Selalu tersedia air yang cukup, karena air sangat penting untuk membersihkan WC.
  2. Menyiram WC sampai bersih dengan air yang banyak, jangan sampai ada kotoran yang tertinggal sedikitpun.
  3. Yakinkan bau yang bersumber dari dalam WC benar-benar hilang
  4. Bersihkan WC secara rutin baik dilakukan secara sendiri atau bisa memakai Jasa Sedot WC.
  5. Beri pewangi atau karbol untuk mencegah berkembang biaknya kuman yang menimbulkan bau dan penyakit.
  6. Buat ventilasi di ruang kamar mandi atau toilet yang baik, agar sirkulasi udara bisa mengalir dengan lancar dan tidak sumpek.

Tidak hanya di perumahan yang harus menjaga kebersihan WC, di tempat-tempat umum, seperti di sekolah, di tempat-tempat ibadah atau di terminal dan pusat perbelanjaan pun seharusnya tidak hanya menyediakan fasilitas WC yang terjaga kebersihannya,  terutama di sekolah.  Kadang ada murid yang sampai menahan buang air kecil, karena kebersihan WC di sekolah kurang dijaga diperhatikan sehingga menjadi kotor dan bau.  Hal itu malah bisa menimbulkan penyakit yang lain, seperti tersumbatnya aliran kencing atau batu ginjal.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *